7. Pengaruh Perbandingan Andaliman dengan Batang Kecombrang dan Suhu Pengeringan terhadap Mutu Bubuk Sambal Andaliman

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengangkat makanan tradisional dalam bentuk yang praktis dan mengetahui pengaruh perbandingan andaliman dengan batang   kecombrang   dan   suhu  pengeringan   terhadap   mutu   bubuk   sambal andaliman serta uji organokeptik bubuk sambal andaliman. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian USU, Medan, menggunakan rancangan acak lengkap faktorial 2 faktor yaitu perbandingan andaliman dengan batang kecombrang (A) : (25%;75% ; 50%:50% ; 75%:25% ;100%:0%) dan suhu pengeringan (S) : (50oC, 60 oC, 70 oC). Parameter yang dianalisa  adalah  kadar  air,  kadar  abu,  kadar  vitamin  C,  total  asam,  tingkat kegetiran, nilai organoleptik uji skor warna, aroma, rasa, penerimaan konsumen dan antioksidan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan andaliman dengan batang kecombrang memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap kadar air, kadar abu, total asam, kadar vitamin C, tingkat kegetiran, nilai organoleptik uji   skor   warna,   aroma,   rasa,   penerimaan   konsumen.  Suhu   pengeringan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar vitamin C, tingkat kegetiran, nilai organoleptik uji skor warna, aroma, rasa, dan penerimaan konsumen. Interaksi antara kedua faktor memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap kadar abu, kadar vitamin C, total asam, nilai organoleptik uji skor rasa, tingkat kegetiran, dan penerimaan konsumen. Perbandingan andaliman dengan batang kecombrang (75%:25%) dan suhu pengeringan 50oC menghasilkan kualitas bubuk sambal andaliman yang terbaik dan lebih diterima.
Kata kunci : andaliman, batang kecombrang, suhu pengeringan, bubuk sambal 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Pengaruh Perbandingan Andaliman dengan Batang Kecombrang dan Suhu Pengeringan terhadap Mutu Bubuk Sambal Andaliman adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 7. Pengaruh Perbandingan Andaliman dengan Batang Kecombrang dan Suhu Pengeringan terhadap Mutu Bubuk Sambal Andaliman

Belum ada Komentar untuk "7. Pengaruh Perbandingan Andaliman dengan Batang Kecombrang dan Suhu Pengeringan terhadap Mutu Bubuk Sambal Andaliman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel